CARI MITRA

 OPSI KEMITRAAN

1. Anda mencari klien untuk saya dan mendapat 10% dari nilai kontrak. Perjanjian yang membuat saya dan klien. Surat perjanjian akan saya tunjukkan kepada Anda. Anda tinggal duduk manis karena yang mengerjakan semuanya saya—Biaya yang ditawarkan: biaya penulisan naskah saja.

2. Anda yang punya proyek dan saya yang mengerjakan. Misalnya, Pak Bod ingin membuat biografi dan sepakat dengan biaya Rp 300 juta. Kemudian Anda menghubungi saya, “Pak Setiawan mau nggak menulis  biografi Pak Bod dan honornya Rp 200 juta?” Di sini saya memposisikan diri sebagai orang Anda. Jika saya setuju ya dijalankan, dan Anda untung Rp 100 juta—Biaya yang ditawarkan: biaya penulisan naskah saja.

Mengapa yang ditawarkan biaya penulisan naskah saja? Karena biaya ini yang bisa dihitung dengan pasti. Sedangkan biaya percetakan banyak komponen yang harus dihitung, misalnya jumlah halaman, jumlah foto, hitam putih atau full colour, edisi biasa atau lux, jumlah exsemplar, dll. Namun jika klien meminta dicarikan percetakan, saya sanggupi tapi percetakan memiliki hitungan tersendiri, terpisah dengan penulisan naskah. Tapi saya sanggupi jika ada klien yang minta bukunya dicetak satuan, tidak massal (misalnya 1 eksemplar saja, 2 eksemplar saja, 3 eksemplar saja).